BERITA

Program Bank Sampah Untuk BERAMAL (Bener Ramah Lingkungan)


2020-01-22T00:00:00

Pemilahan Sampah

Pemerintah Kota Yogyakarta menganjurkan pengelolaan sampah harus dapat dilakukan secara mandiri salah satu nya dengan penerapan prinsip 3-R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam wujud bank sampah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta memiliki target “1 RW 1 Bank Sampah”, Kelurahan Bener mewujudkan dari 7 RW yang ada telah  terbentuk 6 Bank Sampah. Enam bank sampah tersebut yaitu: RW 1 (Bank Sampah Binari), RW 2 (Bank Sampah Salingsih), RW 3 (Bank Sampah Tren), RW 5 (Bank Sampah Simul 5), RW 6 (Bank Sampah Gardena), RW 7 (Bank Sampah Bejokarto Mandiri).

Namun bank sampah yang sudah ada mengalami kendala,  permasalahan pertama, bank sampah berada di wilayah padat penduduk sehingga kantor bank sampah dibuat minimalis dengan lahan milik salah satu pengelola bank sampah dan juga tidak begitu terlihat dari jalan. Permasalahan kedua, belum pernah dilakukan kegiatan sosialisasi pengelolaan Bank sampah dengan metode yang benar. Permasalahan ketiga, minimnya pendidikan pengelola Bank sampah akan sistem perbankan dan belum mengetahui cara menghitung penjualan sampah (sampah yang dikumpulkan nasabah di nilai dengan rupiah sesuai harga sampah).

Dari permasalahan-permasalahan tersebut Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta melakukan kegiatan: pertama, bersama para pengurus menata bank sampah dan membuat spanduk bank sampah yang menarik juga informatif; Kedua, memberikan sosialisasi tentang sistem pengelolaan bank sampah melalui media power point pada saat pertemuan rutin pengelola bank sampah dengan nasabah bank sampah, jadwal pengumpulan sampah, dan pertemuan RT/RW; Ketiga, memberikan pengetahuan tentang pengelolaan bank sampah melalui media power point dan mengadakan pelatihan menghitung sampah di konversikan dalam rupiah sesuai harga sampah pada saat pertemuan rutin pengelola bank sampah dengan nasabah bank sampah dan rapat evaluasi bank sampah. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan Mei 2019 sampai dengan bulan Oktober 2019 (selama 6 bulan)  di Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Tujuan dari dilakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan tentang pengelolaan bank sampah ini adalah agar dapat memperbaiki sistem pengelolaan bank sampah sehingga bank sampah dapat berfungsi secara optimal untuk BERAMAL (Bener Ramah Lingkungan). Dosen pemateri kegiatan ini yaitu Ibu Vidyana Arsanti, S.Si.,M.Sc. dari Program Studi Geografi dan Bapak Fahrul Imam Santoso, S.E., M.Ak., Ak., CA dari Program Studi Akutansi.