BERITA

Pemanfaatan WebGIS untuk Pemodelan Spasial Aliran Permukaan di Kota Yogyakarta


2021-04-01

Mahasiswa Prodi Geografi bernama Isham Jibran berhasil membuat sistem informasi geografis berbasis internet (WebGIS) mengenai pemodelan runoff (limpasan) yang dikaitkan dengan perubahan penggunaan lahan di Kota Yogyakarta. Sebagaimana kita ketahui, bahwa WebGIS merupakan pengembangan dari Sistem Informasi Geografi, dimana pengguna dapat menggunakan dan menganalisis tampilan geospasial dalam laman web tersebut secara bebas. WebGIS memberikan banyak manfaat, baik dari segi efisiensi, karena wujudnya berupa peta digital yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun tanpa memerlukan software khusus, hingga fungsinya yang sangat beragam, diantaranya bisa menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan ataupun tata kelola oleh stakeholder terkait.

Peta interaktif yang disusun oleh mahasiswa angkatan 2017 tersebut dilengkapi dengan infografik berupa informasi besarnya volume runoff, luasan penggunaan lahan, serta hubungan antar keduanya. Hasil yang ditampilkan berupa hasil analisis temporal 5 tahunan selama kurun waktu 10 tahun, yaitu tahun 2008 hingga 2018. Selain itu, hasil yang ingin ditunjukkan melalui analisis tersebut adalah dinamika penggunaan lahan mempengaruhi volume runoff, dimana volume runoff menjadi semakin besar ketika lahan terbangun semakin luas diiringi dengan menyempitnya area bervegetasi. Pengguna dapat mengakses WebGIS tersebut melalui laman https://bit.ly/3sD0ApB.

WebGIS tersebut menyediakan fitur layer stasiun hujan di seluruh Propinsi D.I. Yogyakarta serta batasan areanya, yang diolah berdasarkan model polygon Thiessen. Layer volume runoff pada setiap tahun analisis (2008, 2013, 2018) juga disediakan pada fitur WebGIS tersebut. Sehingga dengan demikian, pengguna dapat memilih sendiri kombinasi data seperti apa yang ingin ditampilkan.

Sejalan dengan visi dan misi Prodi Geografi, selain mempelajari dasar keilmuannya, mahasiswa pun diberikan bekal untuk terampil dalam mengaplikasikan keilmuan Geografi ke dalam media digital yang saat ini semakin dekat dengan kebutuhan masyarakat umum, serta manfaatnya dapat dirasakan bersama.