BERITA

Webinar “Pemanfaatan Teknologi dalam Bidang Geografi dan Geologi”


2021-04-02

Pada hari Kamis, 1 April 2021, Prodi Geografi mengadakan seminar daring bertajuk “Pemanfaatan Teknologi dalam Bidang Geografi dan Geologi” dengan pemateri adalah Yoga Darmajati, S.T., M.Sc., salah satu dosen di Prodi Geografi Universitas Amikom Yogyakarta. Selain menggunakan platform video komunikasi Zoom, seminar disiarkan secara langsung melalui kanal resmi Youtube Prodi Geografi. Acara tersebut dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan kerjasama antara Prodi Geografi dengan SMK Negeri 2 Depok Yogyakarta, dimana di sekolah tersebut memiliki program keahlian yaitu Geologi Pertambangan. Geologi merupakan salah satu bidang ilmu dalam Geografi, sehingga materi mengenai perkembangan teknologi dalam ilmu kebumian, yang juga menjadi konsentrasi keunggulan yang diusung oleh Prodi Geografi Universitas Amikom Yogyakarta, dirasa tepat untuk dibagikan kepada siswa SMK program tersebut. Dengan ilmu yang sudah diperoleh selama belajar di sekolah menengah kejuruan, para siswa diperkenalkan dengan pemanfaatan secara nyata dari ilmu tersebut, dan kemudian diharapkan dapat memperdalam ilmunya dengan mempelajarinya di jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Pemateri, yang berlatar belakang Teknik Geologi dan Sistem Informasi Geografis, telah berpengalaman dalam berbagai kegiatan akademik dan profesional dalam kedua bidang ilmu tersebut. Materi yang diberikan meliputi sejarah perkembangan teknologi di bidang ilmu kebumian, instrumen manual dan digital dalam pemetaan permukaan bumi, yang tentunya tidak terlepas dari dasar keilmuan Geologi. Selain itu, beberapa contoh pengalaman pemateri dalam mengaplikasikan teknologi untuk pemetaan geologi disajikan dalam webinar yang diikuti oleh kurang lebih 40 peserta tersebut. Siswa SMK N 2 Depok terlihat antusias dengan materi yang disampaikan, terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan selama sesi diskusi setelah pemaparan materi.

Prodi Geografi pada khususnya dan Universitas Amikom Yogyakarta pada umumnya, membina kerjasama dengan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan, baik negeri ataupun swasta agar dapat saling memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan. Siswa sekolah tingkat menengah atas dapat memperoleh wawasan keilmuan di tingkat pendidikan tinggi melalui seminar-seminar seperti ini. Di sisi lain, universitas dapat menjadi salah satu media dan fasilitator untuk mencetak ahli di segala bidang ilmu, salah satunya adalah Geografi.