BERITA

Dosen Prodi Geografi mengikuti “The 23rd Environmental Remote Sensing Symposium” CERes Laboratory, Chiba University


2021-04-07

Dua dosen Prodi Geografi, yaitu Fitria Nucifera, S.Si., M.Sc. dan Widiyana Riasasi, S.Si., M.Sc., mendapat kesempatan berkolaborasi dengan Profesor Kazuhito Ichii dari Chiba University, Jepang, untuk melakukan penelitian dan mengikuti acara “The 23rd Environmental Remote Sensing Symposium”. Acara tahunan tersebut rutin diadakan oleh Laboratorium Center for Environmental Remote Sensing (CEReS) Chiba University, sebagai ajang untuk mempublikasikan penelitian dari peserta di seluruh dunia, khususnya penelitian terkait penginderaan jauh (remote sensing). “The 23rd Environmental Remote Sensing Symposium” dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2021, namun dikarenakan masih dalam kondisi pandemi, maka acara tersebut dilakukan secara daring.

Sesi yang diikuti oleh dosen Geografi tersebut adalah program poster, dimana hasil dari penelitian yang berjudul “Monitoring of urban expansion of Jakarta using MODIS land surface temperature” ditampilkan dalam format poster. Selain bersama dengan Profesor Kazuhito Ichii, penelitian tersebut juga melibatkan Assistant Professor, yang merupakan staff dari laboratorium CEReS Chiba University, yaitu Dr. Yuhei Yamamoto dan Dr. Da Wang. Topik penelitian tersebut adalah analisis perubahan penggunaan lahan di wilayah kota Jakarta berdasarkan analisis temporal pada land surface temperature (suhu permukaan tanah) dari tahun 2000 hingga 2019, dengan menggunakan data remote sensing, yaitu MODIS (Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer). Kurang lebih 30 peserta mengikuti program poster tersebut, dengan variasi topik seputar penginderaan jauh lingkungan.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada acara “The 23rd Environmental Remote Sensing Symposium” tersebut merupakan salah satu output dari hibah penelitian CERES Overseas Joint Program 2020, yang berhasil lolos dan diketuai oleh Fitria Nucifera, S.Si., M.Sc. Program penelitian kerjama antar kedua institusi ini menambah daftar kegiatan dalam lingkup kerjasama yang telah dijalin antara Prodi Geografi Universitas Amikom Yogyakarta dengan Laboratorium CEReS Chiba University sejak tahun 2020. Memorandum of Understanding (MoU) antara Laboratorium CEReS Chiba University dan Prodi Geografi Universitas Amikom Yogyakarta ditandatangani oleh Professor Josaphat Tetuko Sri Sumantyo selaku kepala laboratorium CEReS sebagai perwakilan dari Chiba Universiy dan Sudarmawan, S.T., M. T. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi sebagai perwakilan dari Universitas Amikom Yogyakarta. Dalam perjanjian kesepakatan Kerjasama tersebut melingkupi kegiatan pengajaran dan penelitian.