BERITA

Career Sharing Session “Kompetensi Geografi Menyongsong Dunia Kerja”


2021-04-26

Prodi Geografi mengadakan kegiatan career sharing session pada Sabtu, 24 April 2021 dengan mengundang pembicara seorang praktisi profesional di bidang Geografi, yang merupakan staf divisi Plantation Monitoring and Planning, PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (PT SMART Tbk), Gilang Arya Dipayana, S.Si., M.Sc. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk memberikan gambaran mengenai dunia kerja profesional dalam bidang Geografi, serta mempersiapkan calon lulusan dan lulusan siap kerja dari Prodi Geografi dalam menyongsong dunia kerja. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat semakin termotivasi untuk belajar dan bereksplorasi, serta memperkaya pengetahuan melalui berbagai media yang kini semakin mudah untuk diakses. Tingkat kepercayaan diri lulusan Prodi Geografi juga diharapkan semakin meningkat.

Pembicara merupakan lulusan Geografi dan telah malang melintang dalam berbagai kegiatan penelitian akademis maupun profesional, kini menjadi praktisi dalam bidang GIS. Pada kegiatan tersebut, materi yang disampaikan meliputi sharing pengalaman mengenai jejak karir pembicara sebagai lulusan Geografi, berbagai peluang karir lulusan yang berkompeten di bidang Geografi, serta strategi untuk mendapatkan pekerjaan dengan kompetensi yang dimiliki. Selama sesi tersebut, pembicara memberikan pula tips-tips yang sangat bermanfaat bagi lulusan siap kerja. Selain berperan sebagai lulusan Geografi, pembicara juga berperan sebagai perwakilan perusahaan, dimana merupakan pengguna lulusan, yang telah memahami kebutuhan perusahaan akan sumberdaya manusia yang berpotensi bagi perusahaan tersebut. Materi yang disampaikan dapat diakses melalui tautan berikut.

Peserta kegiatan tersebut adalah seluruh mahasiswa Prodi Geografi dari seluruh angkatan, serta alumni. Animo peserta cukup tinggi terlihat pada sesi diskusi dan tanya jawab, cukup banyak peserta yang melemparkan pertanyaan terkait dengan karir kepada pembicara. Prodi Geografi mengadakan kegiatan career sharing session sebagai agenda kegiatan rutin dengan pembicara dari berbagai kalangan, baik akademis maupun praktisi, yang berlatar belakang keilmuan Geografi. Hal tersebut sebagai komitmen Prodi Geografi untuk memberikan fasilitas pendidikan dan pendampingan masa depan yang baik.