BERITA

Mahasiswa Prodi Geografi Ikuti Geo Innovation Bootcamp 2017


18 Oct 2017

Dalam rangka memperingati Hari Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan kegiatan berjudul Inovasi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Bidang Informasi Geospasial. Salah satu sasaran kegiatan dengan tagline Geo Innovation Bootcamp 2017 tersebut adalah mahasiswa yang berasal dari fakultas atau program studi Geografi di seluruh Indonesia.

Kesempatan untuk berkompetisi tersebut dimanfaatkan oleh para mahasiswa program studi (Prodi) S1 Geografi Universitas Amikom Yogyakarta. Berbekal ide yang dilatarbelakangi oleh minimnya informasi online tentang acara (seminar, konser musik, workshop, dan kegiatan pendidikan atau hiburan lainnya) di sekitar kita, empat orang mahasiwa prodi Geografi merancang sebuah proposal dengan judul Event Explorer. Pada tahap awal seleksi yang dilakukan oleh BIG, proposal tersebut berhasil masuk dalam 25 inovasi terbaik.

Mengawali rangkaian acara Geo Innovation Bootcamp

Sebanyak 25 tim dari berbagai universitas kemudian medapatkan undangan untuk mengikuti Geo Innovation Bootcamp 2017. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama empat hari, mulai tanggal 14 Oktober 2017 di Saung Dolken, Bogor. Prodi Geografi Universitas Amikom diwakili oleh empat orang mahasiswa, yaitu Isham Jibran, Sakinatul Afidah, Kelsi Anatasari R. A., dan Titis Dewi Ratnasari. Keempatnya merupakan mahasiswa semester satu. Selama di lokasi, mereka mendapatkan pelatihan untuk mengembangkan ide, pelatihan motivasi, dan juga materi untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan geospasial.

Penghargaan kepada tim yang mnasuk dalam 15 besar

 

Seluruh tim kemudian diberikan kesempatan untuk mempresentasikan karyanya. Tahap seleksipun berlanjut. Hasil akhir menyatakan bahwa tim Prodi Geografi Universitas Amikom masuk dalam peringkat 15 besar. Belum memuaskan, namun cukup membanggakan. Mengingat ini adalah kompetisi pertama yang diikuti oleh Prodi Geografi sebagai salah satu prodi baru di Universitas Amikom Yogyakarta.