BERITA

Mahasiswa Prodi Geografi Menjuarai Maliki Library and Information Science Competition 2021


2021-06-08

Tim mahasiswa Prodi Geografi Universitas Amikom Yogyakarta berhasil menjadi juara pertama dalam ajang lomba esai nasional Maliki Library and Information Science Competition 2021. Tim yang terdiri dari tiga mahasiswa Prodi Geografi lintas angkatan, yaitu Sidiq Arfianto dan Ersa Tri Kurnia mahasiswa angkatan 2018, serta Desri Wahyuni, mahasiswa angkatan 2019, berhasil unggul diantara 30 peserta dari berbagai universitas nasional yang mengikuti kompetisi tersebut. Kompetisi diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Perpustakaan dan Ilmu Informasi (HMJ PII) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) dengan tema “Inovasi dan Strategi Mahasiswa dalam Mengoptimalkan Peran Informasi untuk Mewujudkan SDGs 2030”.

esai 1

Judul yang diusung oleh mahasiswa Prodi Geografi yaitu “Pemanfaatan WebGIS untuk Monitoring Karbon Biru sebagai Upaya Penyajian Informasi Terkini dalam Kebijakan Penanganan Perubahan Iklim”. Dalam esai, dijelaskan mengenai pemanfaatan teknologi Sistem Informasi Geografis berbasis internet untuk memonitor luasan mangrove dan cadangan karbon di Indonesia secara aktual. Hutan mangrove merupakan elemen penting dalam penanganan perubahan iklim. Terlebih Indonesia memiliki kurang lebih 22,4% dari luas total mangrove di dunia. Ketiga mahasiswa tersebut merancang suatu situs jaringan (website) dengan menggunakan prinsip sistem informasi yang dapat diakses secara terbuka. Rancangan desain tampilan website tersebut menampilkan luasan mangrove, jumlah cadangan karbon, dan perhitungan laju deforestasi mangrove yang sedang trejadi.

Mahasiswa Prodi Geografi mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan untuk dapat bermanfaat bagi pembangunan nasional. Hal tersebut sejalan dengan tujuan dari Sustainable Development Goals (SDGs) 2030, yang diadopsi pula oleh Indonesia, dimana dengan inovasi yang terus dikembangkan dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan tingkat nasional pada khususnya dan tingkat global pada umumnya.