BERITA

Prodi Geografi Menjadi Anggota Tim Universitas Amikom Yogyakarta untuk Konsorsium 'Integrated Technological and Information Platform for wildfire Management'


2021-07-22

Konsorsium 'Integrated Technological and Information Platform for wildfire Management' — 'SILVANUS' merupakan konsorsium yang beranggotakan lebih dari 49 institusi internasional dari berbagai negara, seperti Australia, Brazil, dan beberapa negara di Eropa, seperti Italia, Portugal, Slovakia, Yunani, Romania. Indonesia menjadi salah satu anggota konsorsium, dimana Universitas Amikom Yogyakarta merupakan satu-satunya institusi perwakilan dari Indonesia. Dosen Magister Teknologi Informatika bersama dengan dosen Prodi Perencanaan Wilayah Kota dan Prodi Geografi menginisisasi program terkait “Ecological Resilience Programme Across EU”. Tujuan program tersebut adalah analisis program ketahanan terhadap kebakaran hutan pada setiap negara kajian, dimana masing-masing memiliki keunikan dan kekhasan berbeda-beda sesuai kebijakan dan kondisi lingkungannya.

Secara spesifik, kegiatan konsorsium, yang direncanakan akan berlansung multi-year selam 4 tahun, tersebut akan berfokus pada pengembangan teknologi untuk mengatasi bencana kebakaran hutan di Indonesia dan di beberapa negara lain. Untuk mewujudkan kegiatan konsorsium tersebut, saat ini sedang digodok perencanaannya untuk mendapatkan pendanaan lebih dari 200 Miliar dari European Union. Selain bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem hutan, kegiatan konsorsium juga merupakan wujud kerjasama untuk meningkatkan hubungan erat antar negara dan pengembangan keilmuan secara global.